Skip to main content
Manajer Investasi

Kenali Lebih Dalam Seputar Fund Manager

By May 13, 2022July 5th, 2022No Comments

Dalam dunia investasi banyak istilah yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya. Mulai dari setiap bidang, profesi, tugas-tugas yang diemban dan lain sebagainya. Salah satunya adalah fund manager, yang memiliki sebuah tugas yang penting dalam berjalannya sebuah perusahaan terutama perusahaan investasi.

Fund manager sendiri adalah seorang profesional yang memiliki tanggung jawab untuk mengimplementasi strategi investasi dan pengelolaan dana investasi dalam suatu portofolio, khususnya untuk sebuah perusahaan yang bergerak di bidang investasi yang membutuhkan suntikan dana agar dapat berkembang, dengan adanya portofolio yang bagus, investor akan merasa tertarik.

Fund manager menjadi bagian dari manajer investasi, yaitu sebuah pihak yang bergerak untuk mengelola portofolio investasi milik nasabah, baik individu maupun kolektif. Manajer investasi telah mendapat izin dan pemerintah Indonesia untuk mengelola dana melalui investasi portofolio.

Fund manager juga memiliki tugas dan wewenang untuk membuat keputusan kapan harus beli ataupun dijual menahan aset di pasar, tentu saja dengan cara melihat dan mengamati kenaikan saham, apakah menjual ataupun membeli saham dapat menguntungkan perusahaan atau justru merugikan.

Beberapa Tugas Fund Manager yang Perlu Anda Ketahui

  1. Mengelola Aset perusahaan 
Fund manager

Tugas seorang fund manager yang pertama adalah mengelola aset perusahaan, tugas ini sangat penting dimana tugas ini dituntut untuk dapat memutar aset sebuah perusahaan agar mampu berkembang dan dapat bersaing dengan kompetitor lainnya. Proses ini juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

Mengelola aset juga menjadi tugas utama dimana proses ini dilakukan dengan cara mengelola aset dari nasabah pihak atau perusahaan yang berperan sebagai manajer investasi akan mengumpulkan dana dari investor misalnya dari pembelian produk reksadana.

Proses dana terkumpul, kemudian secara kolektif di jadikan sebagai sebuah portofolio investasi maka disinilah manajer investasi berperan memiliki instrumen dan jenis investasi apa yang harus ada dalam portofolio untuk memperoleh keuntungan kembali.

  1. Memutuskan jual dan beli investasi
Fund manager

Memutuskan jual dan beli. Dana dari nasabah menjadi wewenang fund manager untuk mengelolanya termasuk hasil pengelolaan aset. wewenang tersebut juga membuat manajer investasi tidak membutuhkan atau meminta izin kepada para investor untuk melakukan jual dan beli.

  1. Memberikan laporan investasi
Fund manager

Manajer investasi memang tidak mengirimkan langsung laporan investasi ke reksadana secara perseorangan kepada setiap nasabah. Dari laporan yang ada, anda dapat melihat harga unit rata-rata, nilai tanggungan semula, jumlah unit yang dimiliki, dan berapa persen keuntungan yang diperoleh sebuah perusahaan tersebut.

Ini merupakan tugas wajib bagi seorang manajer investasi untuk memberikan laporan seputar perkembangan aset, mulai dari pengelolaannya hingga proses jual beli yang sudah berlangsung dan sudah dilakukan selama ini.

Baca juga: Penting! 7 Tips Tepat Pengelolaan Keuangan Usaha

Baca juga: Berikut 5 Manfaat Modal Ventura, Wajib Diketahui

Cek Instagram kami di: @asiantrustcapital

Leave a Reply