Skip to main content

Perusahaan yang berjalan membutuhkan perputaran dana yang maksimal agar seluruh operasional dapat berjalan dengan seharusnya. Disinilah peran dan manfaat manajemen aset dibutuhkan untuk membantu perputaran uang perusahaan agar bergerak seperti semestinya.

Secara umum, manfaat manajemen aset adalah proses pengelolaan aset milik perusahaan, organisasi, hingga milik individu secara lebih efektif untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan agar proses berjalannya perusahaan untuk mendapatkan keuntungan, proses pemasukan dan pengeluaran perusahaan dan sebagainya.

Keberadaan manajemen aset juga dianggap sebagai salah satu cara dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Untuk itu adanya manajemen aset merupakan hal yang sangat penting untuk dijalankan agar perusahaan dapat bergerak dengan lancar. Berikut ini merupakan ulasan mengenai manfaat manajemen aset yang perlu anda ketahui.

Beberapa Kegunaan dan Manfaat Manajemen Aset yang Wajib Anda Ketahui

  1. Mencegah pembelian berlebih
manfaat manajemen aset

Manfaat manajemen aset adalah mencegah aset berlebih pada saat dikeluarkan. Terkadang pengeluaran yang dilakukan sering kali diluar kendali. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjalankan operasional perusahaan agar tidak mengalami kerugiaan.

Perusahaan dapat menyusun anggaran berdasarkan prioritas serta menekan pengeluaran biaya. Hal ini sangat penting untuk dilakukan untuk tetap memberikan batasan pada setiap pengeluaran yang dilakukan. Sehingga keuangan yang tersisa dapat dikumpulkan untuk kebutuhan lain atau untuk disimpan saja.

  1. Mengamati nilai aset yang dimiliki

Segala proses usaha tentu membutuhkan adanya strategi yang disusun dengan baik. dengan adanya perencanaan yang matang, perusahaan dapat mengurangi risiko kehilangan nilai aset karena rugi atau adanya kemungkinan rusaknya aset.

Untuk itu, manajemen aset memiliki manfaat untuk mengamati nilai aset perusahaan agar tetap memiliki nilai aset yang tinggi. Selain itu hal ini juga bertujuan untuk mampu bertahan bahkan dalam situasi yang kurang menguntungkan.

  1. Mengawasi penyusutan aset yang dapat terjadi
manfaat manajemen aset

Pengawasan ataupun monitoring penyusutan aset merupakan salah satu manfaat manajemen aset yang cukup penting dan krusial. Jika aset perusahaan turun kualitasnya secara terus-menerus baik dari segi fungsi maupun dari nilai aset tersebut, maka akan berefek buruk. 

Disinilah peran manajemen aset sangat penting untuk memantau semua penyusutan yang mungkin terjadi karena pengeluaran dan hal lainnya yang mengakibatkan penyusutan aset. selain itu langkah ini juga penting karena akan disusun dan ditulis dalam laporan keuangan perusahaan.

  1. Membuat manajemen risiko untuk mengatasi masalah

Manfaat manajemen aset selanjutnya adalah mencari tahu sebanyak mungkin informasi mengenai risiko yang dapat terjadi kapan saja. Hal ini karena manajemen aset tidak dapat mengetahui dan memprediksi apa yang akan terjadi kedepannya. Untuk itu membuat manajemen risiko sangat penting untuk dilakukan.

Penerapan manajemen aset harus pula dilengkapi dengan adanya pembuatan manajemen risiko untuk membantu perusahaan mengelola ketidakpastian aset di masa yang akan datang. Sehingga jika terjadi masalah yang tidak diinginkan, perusahaan memiliki cadangan rencana untuk mempertahankan perusahaan.

  1. Lebih mudah menyusun anggaran dan biaya

Manfaat manajemen aset selanjutnya adalah manajemen aset bekerja dengan sistem khusus sehingga dapat memudahkan penyusunan anggaran perusahaan. Sistem informasi manajemen aset perusahaan memungkinkan untuk mengetahui kondisi aset sehingga susunan anggaran lebih mudah.

  1. Tingkatan keamanan yang lebih baik
manfaat manajemen aset

Manfaat manajemen aset dalam penerapannya memiliki tujuan untuk menjaga aset agar tetap aman serta terhindar dari resiko kemungkinan rusaknya aset yang ada. Dengan adanya tim khusus yang bekerja dalam manajemen aset akan membuat perusahaan tidak perlu khawatir karena aset sudah terdata.

Baca juga: Berikut Beberapa Jenis funding Startup

Baca juga: Cara Kerja dan Tugas Venture Capital Indonesia

Cek Instagram kami di: Instagram Asian Trust Capital

Leave a Reply