Skip to main content

Fund Manager atau dapat dikatakan juga sebagai manajer investasi adalah sebuah entitas yang disewa jasanya oleh investor untuk mengelola dana investasi dalam sebuah portofolio reksadana. Sehingga tanggung jawab fund manager adalah untuk menganalisis dan mengelola dana investasi yang telah diterima.

Portofolio reksa dana sendiri merupakan sebuah data investasi berisi instrumen investasi, jumlah nominal investasi, total keuntungan dalam kurun waktu tertentu sesuai waktu reksadana yang ingin dipilih. Setiap reksadana yang dipilih memiliki perbedaan waktu pada masing-masing reksadana yang dipilih.

Dalam sebuah reksadana, manajer investasi lah yang memiliki tanggung jawab dan dan tugas untuk mengatur dan memilih instrumen investasi. Jika menguntungkan maka dana akan dipertahankan sementara, pergerakan mengalami kendala dan penurunan maka fund manager akan mempertimbangkan untuk memindahkan dana ke instrumen lain.

Beberapa Tanggung Jawab Fund Manager

  1. Mengelola Modal yang Diterima Dari Investor
tanggung jawab fund manager

Tugas dan tanggung jawab fund manager yang pertama adalah mengelola modal yang sudah diterima dari investor. Dimana proses ini dilakukan dengan cara mengatur semua uang yang telah diinvestasikan oleh investor kepada perusahaan.

Reksadana yang ada diantaranya adalah: reksadana pasar uang, reksadana saham, reksadana obligasi, reksadana syariah, dan reksadana campuran. Langkah selanjutnya adalah manajer investasi akan mengalokasikan dan mengelola dana tersebut dalam reksadana yang telah dipilih oleh investor.

  1. Menetapkan dan Mempertimbangkan untuk Menjual atau Memindahkan Investasi

Proses investasi memang membutuhkan waktu yang lama dan tidak selamanya berjalan dengan mulus tanpa ada hambatan. Untuk menikmati hasil dari proses investasi dibutuhkan waktu yang lama dalam kurun waktu tertentu. 

Hambatan juga sering kali hadir dalam mengelola investasi, dimana investasi yang berjalan dapat kapan saja mengalami melemah dan menghasilkan kerugian. disinilah tanggung jawab fund manager untuk mempertimbangkan akankah investasi akan dipindahkan atau tetap dipertahankan.

  1. Memberi Laporan Hasil Penanaman Modal

Memberi laporan investasi merupakan salah satu tanggung jawab fund manager dalam mengemban tugasnya. Dimana proses ini harus secara rutin dilakukan untuk memberikan paparan rekapan hasil penanaman modal yang berjalan.

Laporan hasil penanaman modal ini akan diberikan kepada seluruh investor yang menggunakan jasanya. Laporan ini diberikan setiap hari, minggu, ataupun tiap bulan. Tugas ini juga tidak boleh memberikan laporan kepada orang lain karena bersifat pribadi.

  1. Memutuskan Instrumen Investasi yang Akan Ditanami Modal
tanggung jawab fund manager

Tanggung jawab fund manager selanjutnya adalah memutuskan instrumen investasi yang akan ditanami modal. Tugas ini dilakukan dengan cara mempertimbangkan sekaligus memutuskan instrumen instrumen mana yang sekiranya paling menguntungkan dan akan ditanami modal.

Tugas fund manager yang satu ini penting untuk dilakukan dimana manajer investasi harus dapat memperhatikan dan menganalisis mana investasi terbaik yang harus dipilih dan mana yang harus dihindari agar tidak menyebabkan kerugian.

Baca juga: Tugas Fund Manager yang Perlu Diketahui

Baca juga: Memilih Fund Manager yang Tepat

Cek Instagram kami di: @asiantrustcapital

Leave a Reply