Memilih Fund Manager yang Tepat

Fund Manager atau Manajer investasi memiliki peran penting dalam menentukan kinerja dan perkembangan dana investasi investor. Hal ini tak lain karena manajer investasi bertugas untuk memilih dan memutuskan mana deposito, saham, dan surat berharga yang akan dibeli dan dijual. Dalam pengelolaan investasi reksa dana berkaitan dengan memilih fund manager.

Manajer investasi juga memiliki tugas untuk mengelola dana investor para investor berdasarkan perjanjian pengelolaan dana, yang dapat bersifat bilateral maupun individual, demi memperoleh keuntungan yang maksimal.

Menurut OJK (Otoritas Jasa Keuangan), kegiatan fund manager mencakup pengelolaan portofolio efek atau surat berharga. Selain itu fund manager memiliki fungsi dan tugas untuk menentukan apakah dana investasi tersebut harus dipertahankan atau sebaliknya. 

Berikut Langkah Menentukan dan Memilih Fund Manager dengan Cara yang Benar

  1. Memiliki Investasi yang Tinggi
memilih fund manager

Perlu diketahui dan diamati dengan cara yang teliti bagaimana manajemen investasi memegang integritasnya terhadap profesionalisme. Perhatikan apakah manajer investasi tersebut pernah tersandung masalah atau kasus penggelapan dana. Karena ini akan sangat mempengaruhi berjalannya investasi kedepannya.

Jika memang ada kasus terkait dengan calon investor, maka anda harus memperhatikan bagaimana cara manajer investasi tersebut untuk mengatasi masalah yang menjeratnya. Apakah hasilnya menemukan solusi dengan cara yang tepat atau sebaliknya.

  1. Sesuai dengan Portofolio

Manajer investasi terpercaya belum tentu yang terbaik untuk investasi reksa dana. Faktanya anda harus menganalisis dan mempertimbangan profil risiko investasimu. Adapun 3 profil risiko investasi reksa dana yang harus anda ketahui diantaranya adalah: 1) moderat (menengah), 2) Konservatif (sangat aman), 3) agresif (berani).

Profil risiko akan berbanding lurus dengan keuntungan yang didapat. Semakin besar resiko semakin besar kemungkinan keuntungan yang didapat. 

  1. Memiliki Legalitas yang Jelas 
memilih fund manager

Hal yang penting yang harus dilakukan adalah legalitas dalam memilih manajer investasi tempat anda akan menginvestasi sejumlah dana. Manajer investasi dianggap resmi apabila telah terdaftar dan dalam pengawasan OJK.

Ada beberapa perusahaan yang memanfaatkan logo OJK pada perusahaan mereka agar dapat meyakinkan. Untuk itu anda dapat melakukan proses pengecekan dengan cara menghubungi pihak OJK dan menanyakan apakah pihak investor memiliki kredibilitas yang baik.

  1. Memiliki kinerja Bank dan Konsisten

Fund manager yang mumpuni memiliki pengalaman di dunia investasi reksa dana setidaknya selama 5 tahun. Tidak hanya itu, mereka harus mampu menunjukan hasil timbal balik yang positif kepada nasabahnya secara konsisten. Anda perlu menaruh ragu dalam memilih fund manager yang menunjukan hasil kinerja yang cenderung fluktuatif dengan kecenderungan negatif.

  1. Memperkirakan Beban Biaya Administrasi
memilih fund manager

Ada beberapa fund manager yang mengenakan biaya-biaya administrasi yang dibebankan di sebagian aktivitas investasi reksa dana. Diantaranya adalah biaya pembelian unit, pembelian peralatan, dan biaya-biaya lainnya.

Apabila anda investor aktif, biaya-biaya ini dapat menggerus nilai investasi anda dan cukup berpengaruh terhadap berjalannya investasi yang dilakukan. Akan lebih untuk baik memilih fund manajer karena bebas administrasi.

Baca juga: Tugas Fund Manager yang Perlu Diketahui

Baca juga: Kenali Lebih Dalam Seputar Fund Manager

Cek Instagram kami di: @asiantrustcapital

Share the Post:

Related Posts

JOINAN

Joinan Joinan conveys the spirit of togetherness along with fresh ideas and innovation, with the intention to bring opportunities to

Read More

E2PAY

E2Pay eMoney Issuer Payment Gateway Channels Remittance operator Basically your payment solutions

Read More