11+ Istilah Start Up yang Harus Diketahui

Ada beragam istilah start up yang wajib diketahui sebelum mulai menjalankan sebuah usaha baru. Start up sendiri memiliki pengertian yaitu perusahaan rintisan yang belum lama beroperasi. Dengan kata lain, startup artinya perusahaan yang baru masuk di industri bisnis.
Sehingga, sangat penting bagi anda untuk mengetahui istilah start up sehingga anda akan lebih mengenal lebih jauh apa saja yang harus anda perhatikan dalam start up. Simak ulasan selengkapnya mengenai beberapa istilah start up.

Beberapa Istilah Start Up yang Perlu Anda Ketahui

Angel Investor

istilah start up

Istilah start up yang pertama adalah angel investor, istilah ini merupakan hubungan dengan berjalannya perusahaan rintisan dan tentunya memiliki pengaruh yang besar terhadap pendanaan. Angel Investor dapat diartikannya sebagai investor yang dilakukan oleh perorangan dan biasanya memiliki imbalan berupa saham perusahaan.

Exit Strategy
Selanjutnya adalah exit strategy, istilah ini merupakan perencanaan atau strategi yang dilakukan oleh perusahaan startup, ketika founder atau pemilik ingin mengakhiri bisnisnya. Untuk itu sebagai seorang pengusaha baru, anda harus dapat membuat perencanaan untuk 2 atau 3 tahun ke depan.

Growth Hacking
Istilah start up selanjutnya adalah growth hacking, yaitu strategi pemasaran yang dilakukan oleh startup untuk meningkatkan pertumbuhan bisnisnya dengan cepat.

Burn Rate

istilah start up

Burn rate adalah salah satu istilah start up yang perlu anda ketahui. Pengeluaran burn rate sendiri berarti membakar uang. Pengertian ini juga dimaksudkan mengeluarkan modal yang sangat besar untuk membuka usaha.

Inkubator
Selanjutnya adalah inkubator. Program inkubator sendiri memiliki pengertian membantu perusahaan rintisan untuk menyelesaikan setiap permasalahan ketika berjalannya start up.

Pivot
Pivot memiliki makna yaitu sebuah keberanian perusahaan rintisan atau usaha baru dalam mengambil keputusan untuk memulai hal baru. Pivot sendiri juga memiliki pengertian berupa perubahan rencana usaha pada perusahaan startup. Tanpa mengubah tujuan awal berdirinya perusahaan tersebut.

Valuasi
Valuasi merupakan istilah startup yang memiliki pengertian keuangan atau nilai ekonomi yang anda pada perusahaan tersebut. Adapun startup valuasi umumnya dimanfaatkan sebagai tolak ukur keberhasilan sebuah perusahaan baru yang tengah berkembang.

Return on investement (ROI)
Istilah start up yang satu ini memiliki pengertian yaitu salah satu komponen penting ketika anda ingin perusahaan startup berhasil. ROI atau Return on Investment merupakan gambaran hasil dari keberhasilan menjalankan perusahaan startup yang nantinya akan diberikan kepada para investor.

Venture Capital (VC)

istilah start up

Yaitu mengacu kepada perusahan investasi yang memberikan atau menawarkan dana kepada start up. Pendanaan ini salah satu diantaranya adalah pre-seed, seed capital, large capital, dan lain-lain.

Seed Funding
Seed Funding merupakan istilah start up yang memiliki pengertian langkah awal pendanaan yang dilakukan oleh suatu perusahaan rintisan. Seed funding sendiri memiliki tujuan untuk mengembangkan produk dari perusahaan rintisan atau dapat meningkatkan operasional usaha.

Akselerator
Istilah start up yang satu ini adalah organisasi atau sebuah program yang membantu start up untuk mengembangkan bisnisnya. Melalui akselerator, startup akan diarahkan untuk diberikan pelatihan dan mengembangkan idenya agar dapat disampaikan oleh investor.

Startup Unicorn

istilah start up

Startup unicorn adalah perusahaan yang telah mengantongi valunasi lebih dari 1 miliar dolar AS. Contoh dari startup unicorn diantaranya adalah Gojek, Traveloka, Shopee dan lain sebagainya.

Bootstrap
Istilah start up selanjutnya adalah bootstrap adalah sebuah proses membangun startup dengan menggunakan dana sendiri atau bahkan dari teman dan keluarganya, tanpa ada bantuan dari investor seperti venture capital.

Baca juga: Cara Terbaik Memulai Bisnis Baru bagi Pemula

Baca juga: Berikut Alasan Kesalahan Startup yang Terjadi!

Cek Instagram kami di: instagram/asiantrustcapital

Share the Post:

Related Posts

JOINAN

Joinan Joinan conveys the spirit of togetherness along with fresh ideas and innovation, with the intention to bring opportunities to

Read More

E2PAY

E2Pay eMoney Issuer Payment Gateway Channels Remittance operator Basically your payment solutions

Read More