Skip to main content

Sebuah usaha membutuhkan adanya modal dalam menjalankan operasional bisnis dengan sebaik mungkin. Adapun beberapa jenis modal ventura yang dapat dimanfaatkan sebagai penunjang bisnis yang dirintis, karena masih banyak yang keliru dengan perbedaan dari beberapa tipe modal ventura.

Modal ventura sendiri memiliki pengertian yaitu salah satu jenis investasi yang menghimpun dana dalam bentuk saham suatu perusahaan swasta dalam jangka waktu tertentu atau sudah ditentukan sebelumnya. Modal ini juga memiliki manfaat yang dapat digunakan oleh seorang pebisnis yang menjalankan usaha rintisan.

Diantaranya mampu memperbaiki dan meningkatkan rentabilitas serta membuat pemasaran produk secara lebih efisien. Dimana hal ini juga mampu memberikan kemudahan serta memberikan peningkatan secara signifikan agar mampu bersaing dengan jenis usaha serupa, sehingga anda dapat membangun usaha yang dirintis agar lebih sukses lagi.

Adapun beberapa jenis modal ventura yang perlu anda ketahui, dimana setiap jenis modal ini memiliki pengertian masing-masing dengan fungsi dan manfaat yang berbeda-beda pula. Berikut ini merupakan beberapa jenis-jenis modal ventura yang perlu anda ketahui.

Beberapa Jenis Modal Ventura yang dapat Anda Ketahui

1. Perbedaan berdasarkan cara penghimpunannya

modal ventura

Jenis modal yang pertama adalah dilihat dari cara penghimpunan, dimana pada kategori ini terbagi lagi menjadi 2 proses, yaitu:

a. Leverage venture capital, yaitu modal berdasarkan dari perusahaan modal ventura tetapi diperbolehkan dalam bentuk pinjaman dari berbagai pemangku kepentingan.

b. Equity venture capital, atau sama saja dengan modal risiko ekuitas yang sumber pendanaan berasal dari modal sendiri.

2. Perbedaan jenis berdasarkan owner atau kepemilikannya

Selanjutnya adalah jenis modal berdasarkan kepemilikannya. Dimana kepemilikan modal atau pada jenis ini memiliki 4 kategori lagi yang berbeda-beda, diantaranya adalah bank affiliate, conglomerate venture capital, private venture capital company, publik venture capital company. Berikut ini penjelasan yang dapat anda simak:

a. Bank affiliate venture company, yaitu perusahaan multi bank dengan kelebihan kas atau tujuan khusus mengenai modal ventura yang ada.

b. Conglomerate venture capital, merupakan perusahaan yang didirikan oleh beberapa jenis korporasi besar.

c. Private venture capital company (perusahaan modal ventura swasta) adalah  perusahaan yang tidak diperdagangkan secara publik atau tidak menjual sahamnya di bursa.

d. Public venture capital company (perusahaan modal ventura publik) adalah kebalikan dari private venture capital company, dimana jenis kepemilikan menjual sahamnya di bursa.

3. Perbedaan berdasarkan cara pemberian bantuan

jenis modal ventura

Jenis modal ventura yang terakhir adalah jenis modal ini berdasarkan cara pemberian bantuan. Jenis yang satu ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu single tier approach dan yang kedua adalah two tier approach. 

  1. Single tier approach, merupakan perusahaan yang menghimpun dan mengelola dana untuk investasi dana dalam bentuk saham joint venture atau perusahaan patungan yaitu perusahaan yang dibangun oleh 2 orang atau lebih dari dua orang
  2. Two tier approach, merupakan modal yang dikelola oleh 2 unit usaha atau secara terpisah artinya satu modal dikelola oleh dua unit usaha terpisah, baik sebagai penyedia dana maupun sebagai pengelola perusahaan yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan perusahaan dana tersebut.

Baca juga: Bisnis Startup yang Menjanjikan di Usia Muda

Baca juga: Berikut 5 Manfaat Modal Ventura, Wajib Diketahui

Cek Instagram kami di: instagram.com/asiantrustcapital/

Leave a Reply