Ikuti Cara Berikut untuk Mendapat Investor

Untuk mencapai target pada bisnis baru atau startup, terdapat banyak faktor pendukung yang mempengaruhi pencapaian target tersebut, salah satunya adalah modal usaha dimana hal ini menjadi bagian penting dalam berjalannya bisnis.

Namun, dimana modal usaha tersebut dapat diperoleh? Perlu diakui bahwa dengan model bisnis unik sebuah bisnis akan terlihat berbeda dan menarik khususnya bagi investor. Hal sulit bagi startup untuk mendapatkan modal dalam mengembangkan bisnisnya.

Sehingga mendapat investor terpercaya menjadi hal sulit dan dapat menjadi hambatan yang membuat bisnis tersebut stagnan. Oleh karena itu dibutuhkan cara tepat agar mampu menarik perhatian investor untuk mendapat suntikan dana.

Beberapa Cara Terbaik Mendapat Investor

  1. Memilih Investor Sesuai dengan Kebutuhan Startup
mendapat investor
Sumber foto: Canva

Mengetahui Investor dengan tepat dan sesuai dengan model startup adalah hal pertama dan utama bagi anda. Selain itu, mempertimbangkan besaran jumlah modal harus dibutuhkan dan melalui cara mengetahui apakah investor juga memberi dana kepada startup.

Contohnya jika anda mencari pendanaan dari venture capital, lakukan riset mengenai venture capital berkaitan dengan tahapan modal yang dibutuhkan. Umumnya pihak venture capital juga sudah menentukan berapa jumlah dana yang akan diberikan dan dana tersebut harus setara dengan berapa persen saham di startup anda. 

Dalam memilih investor yang sesuai dengan kebutuhan startup, anda membutuhkan karakteristik venture capital atau informasi mengenai investor.  

  1. Menyusun dan Membuat Proposal Bisnis dengan Jelas

Proposal berguna untuk memberi rangkuman dan perusahaan untuk memperkenalkan perusahaan kepada investor. Dari proposal tersebut, investor dapat melihat profil bisnis atau startup.

Mulai dari latar belakang, posisi keuangan perusahaan, visi-misi perusahaan hingga dana dengan kebutuhan demi mengembangkan bisnis. Untuk menarik investor, cobalah buat proposal bisnis secara detail, namun hindari isi proposal terlalu komplek. Fokuslah pada hal-hal utama penting untuk diketahui investor.

  1. Memastikan Perusahaan Anda dalam Bentuk PT
mendapat investor

Sebelum mulai mencari investor, pastikan anda telah mendirikan bisnis dalam bentuk perseroan terbatas (PT). Karena PT merupakan satu-satunya badan usaha yang berbentuk badan hukum dan seluruh modal terbagi ke dalam saham. Sehingga akan dianggap lebih kredibel dan mempermudah investor untuk menginvestasikan modalnya kepada perusahaan berbadan PT.

  1. Perluas Link atau Jaringan Bisnis

Investor akan menerima penawaran dari berbagai macam perusahaan dan biasanya mereka akan memilih perusahaan yang telah mereka kenal dan dirasa familiar. Tidak jarang juga para investor akan memberikan modal untuk diinvestasikan kepada perusahaan dengan rekomendasi kenalan atau partner bisnis terpercaya.

Namun jika anda tidak memiliki kenalan berhubungan dengan investor sesuai target. Anda dapat mengikuti forum, pameran, dan kompetisi bisnis. Biasanya di dalam acara tersebut akan banyak investor yang diundang sebagai pengisi acara maupun investor yang hanya sekedar datang untuk melihat bisnis menarik.

  1. Memberi Presentasi Jelas kepada Investor
mendapat investor

Presentasi di depan investor atau pitching merupakan bentuk penjelasan singkat mengenai perusahaan anda kepada investor. Proses ini menjadi salah satu kesempatan untuk memperkenalkan dan mempresentasikan keunggulan bisnis anda di hadapan investor secara langsung.

Untuk mensukseskan tahapan pitching, anda harus membuat slide atau presentasi ringan, mudah dipahami dan tidak membosankan. Buat slide semenarik mungkin dan tidak bertele-tele. Berikan penjelasan tentang model bisnis, prospek bisnis, manfaat bagi investor, serta risiko dalam industri. Yakinkan investor apa kelebihan dan hal unik yang membedakan anda dengan kompetitor.

Baca juga: Cara Mengurangi Risiko Investasi Merugikan

Baca juga: 5 Langkah Tepat Mendapatkan Dana Venture Capital

Cek Instagram kami di: @asiantrustcapital

Share the Post:

Related Posts

JOINAN

Joinan Joinan conveys the spirit of togetherness along with fresh ideas and innovation, with the intention to bring opportunities to

Read More

E2PAY

E2Pay eMoney Issuer Payment Gateway Channels Remittance operator Basically your payment solutions

Read More