Telusuri Kelebihan Reksadana Secara Mendalam

Reksa dana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana investor dimana dikelola oleh Investment Manager dan selanjutnya akan diinvestasikan pada surat berharga. Contohnya: saham, obligasi, dan instrumen pasar uang.

Ada beberapa jenis reksa dana menurut investasinya yaitu reksa dana pendapatan tetap (RDPT), reksa dana pasar uang (RDPU), reksa dana  campuran (RDC). Setiap jenisnya memiliki resiko dan keuntungan masing-masing. Akan tetapi RDPT memiliki banyak peminat dalam jangka waktu maksimal 3 tahun.

Sesuai dengan namanya, RDPT memiliki alokasi dana sebagian besar pada instrumen yang akan memberikan pendapatan tetap seperti obligasi, sementara sebagian kecilnya akan dialokasikan ke instrumen pasar uang. Grafik yang ditunjukkan oleh investasi RDPT cenderung naik namun tidak stabil, sehingga cocok untuk investasi dalam jangka waktu sedang.

Berikut Beberapa Kelebihan Reksadana secara Lengkap

  1. Resiko Lebih Sedikit Ketimbang Investasi Saham
Sumber foto: Canva

Risiko RDPT memiliki resiko lebih rendah daripada investasi saham karena memiliki sebutan sebagai investasi risiko tinggi (risk-high return) dengan hasil imbalan tinggi dalam jangka waktu panjang yaitu lebih dari 3 tahun.

Investasi RDPT memiliki Nilai Aktiva Bersih (NAB) yang cenderung naik dari waktu ke waktu walaupun membentuk garis lurus, tidak seperti pada reksa dana saham dengan grafik NABnya tidak stabil dan cenderung naik-turun.

  1. Mendapatkan Keuntungan dari Dividen dan Capital Gain

Keuntungan menjalankan reksadana adalah memperoleh imbalan dari instrumen obligasi yang menjadi pendapatan tetap. Selain itu keuntungan lainnya adalah memperoleh dividen atau bagian laba perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham.

Akan tetapi tidak semua RDPT memberikan dividen dalam jangka waktu tertentu. Hal ini diharapkan pihak investor bersikap bijak dalam memilih produk yang sesuai melalui Factsheet atau sebuah laporan tertulis yang disediakan oleh perusahaan manajer investasi kepada investor dan calon investor. Dividen diberikan dalam periode tertentu akan menekan NAB.

  1. Memperoleh Keuntungan Lebih Tinggi
Sumber foto: Canva

Keuntungan yang satu ini ditujukan bagi calon investor untuk menjalankan reksa dana dalam waktu sedang atau tidak terlampau lama atau terlalu sementara. Maka RDPT merupakan solusi terbaik untuk dilakukan.

Karena RDPT memiliki jangka waktu sedang yaitu kisaran waktu satu tahun hingga tiga tahun, kemudian akan memberikan imbal hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan pasar uang atau investasi dalam bentuk deposito.

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah meningkatkan perolehan hasil keuntungan berbanding lurus dengan peningkatan risiko dalam menjalankan investasi. Sehingga investasi RDPT disebut sebagai investasi medium (risk-medium return) atau resiko sedang dengan pendapatan yang sedang pula.

Itulah beberapa keuntungan yang perlu anda ketahui dalam menjalankan reksadana, kunci kesuksesan dalam menanam saham jenis ini adalah memiliki tekad kuat dan informasi sejelas mungkin. Meskipun berawal dari nominal kecil, selama dilakukan secara rutin maka akan mendapatkan keuntungan.

Baca juga: Resiko dalam Berinvestasi yang Wajib Diketahui

Baca juga: Cara Tepat Menerapkan Asset Management dengan Baik

Cek Instagram kami di: @asiantrustcapital

Share the Post:

Related Posts

JOINAN

Joinan Joinan conveys the spirit of togetherness along with fresh ideas and innovation, with the intention to bring opportunities to

Read More

E2PAY

E2Pay eMoney Issuer Payment Gateway Channels Remittance operator Basically your payment solutions

Read More