5 Perbedaan Antara Private Equity atau Venture Capital

Membangun dan mengembangkan sebuah perusahaan terutama bagi bisnis yang menengah dan kecil seperti UMKM dan startup, tentu membutuhkan pendanaan agar proses berjalannya usaha dapat sesuai dengan visi, misi, dan target. Pendanaan sendiri tidak terlepas dari Private equity (PE) dan venture capital (VC).

Kedua jenis penyertaan dana tersebut menjadi salah satu sumber modal bagi perintis perusahaan. Baik PE dan VC tentu memiliki kuasa dan hak bagi bisnis yang didanai, dimana kedua pemberi modal ini dapat memberikan masukan dan berkontribusi untuk mengembangkan bisnis.

Secara teknis, Private equity mirip dengan venture capital, PE sering dikaitkan dengan dana trolling untuk perusahaan besar yang mampu menghasilkan pendapatan dan membutuhkan revitalisasi keuangan agar menjadi lebih berharga. 

Sedangkan, venture capital sering kali masuk ke perusahaan baru dan terlibat dalam produksi layanan teknologi mutakhir, serta belum terbukti kematangannya. Untuk mengetahui lebih lanjut perbedaan antara kedua penyerta dana tersebut, simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

  1. Perusahaan Mana yang Cocok untuk Bisnis Anda

Venture capture lebih cocok untuk dijadikan pilihan oleh bisnis berkembang, seperti startup atau UMKM. Hal ini disebabkan karena semua kebutuhan perusahaan menengah dan kebawah sesuai dengan strategi dan cara kerja yang ditawarkan oleh VC. Perusahaan VC mampu mempertaruhkan dana besar bagi bisnis berpotensi.

Sementara, private equity lebih digunakan untuk perusahaan yang sudah stabil dan matang. Karena mereka mampu memberikan dana lebih besar, jelas dan pasti. Selain itu, jika nilai saham perusahaan mengalami penurunan, PE dapat menjadi solusi tepat.

  1. Strategi yang Digunakan 
Private equity

Sumber foto: Canva

Umumnya, strategi yang diterapkan oleh Private Equity adalah untuk membeli sebagian besar saham serta berupaya untuk meningkatkan nilai perusahaan .

PE akan meningkatkan nilai perusahaan dengan cara menyediakan distressed fund untuk dijadikan aset dan dijual ke pasar. Hal ini berdasarkan tujuan PE untuk mendapatkan income stabil bernilai tinggi.

Semetara, strategi pada Ventura Capital adalah untuk menanam uang pada bisnis yang sedang berkembang. Proses pemilihan bisnis ini tidak sembarangan. Mereka akan melakukan riset dan perencanaan mendalam sebelum membuat kesepakatan secara resmi. VC memiliki tujuan untuk menikmati hasil besar dalam jangka waktu panjang tanpa perlu repot memperbaiki nilai perusahaan.

  1. Jumlah Dana yang Diinvestasikan

Perusahaan Private equity bersedia mengeluarkan biaya hingga seratus juta dolar Amerika, hal ini sejalan dengan visi mereka yaitu membenahi sebuah perusahaan yang umumnya sudah diambang kebangkrutan.

Sementara, VC hanya akan memberikan dana tidak lebih dari sepuluh juta dolar Amerika. Kisaran angka tersebut telah disesuaikan dengan kebutuhan startup yang masih belum terlalu banyak.

  1. Kelebihan dan Kelemahan Private Equity

Kelebihan PE adalah mereka dapat dipastikan mampu meningkatkan nilai saham perusahaan. Jumlah dana dan upaya yang mereka keluarkan tidak cuma-cuma. Perusahaan perlu memberikan hampir 100% saham mereka kepada pihak PE. Hasilnya, mereka tidak lagi memiliki kuasa dan wewenang untuk mengatur strategi dan mengambil keputusan.

  1. Kelebihan dan Kelemahan VentureC
Private equity

Venture capital dapat memberikan network kepada pihak startup. Hal ini jelas mempermudah perusahaan untuk memperoleh partnership dan kerjasama. Selain itu, semua dana yang diperoleh perusahaan berhak mereka simpan tanpa perlu mengembalikan kepada pihak VC.

Kekurangan VC adalah mereka kerap ikut campur terhadap strategi bisnis perusahaan. Selain itu, mereka juga akan mengelola hampir 50% saham perusahaan. Sehingga VC memiliki hak untuk memberikan pendapat dan mengambil keputusan.

Itulah 5 perbedaan antara Private equity dan Venture capital, dengan begitu anda dapat mempertimbangkan mana penyertaan dana yang cocok dan tepat untuk mengembangkan bisnis anda.

Baca juga: Kenali Perbedaan Antara Venture Capital dan Angel Investor sebagai Penyertaan Modal

Baca juga: 5 Langkah Tepat Mendapatkan Dana Venture Capital

Cek Instagram kami di: @asiantrustcapital

Share the Post:

Related Posts

JOINAN

Joinan Joinan conveys the spirit of togetherness along with fresh ideas and innovation, with the intention to bring opportunities to

Read More

E2PAY

E2Pay eMoney Issuer Payment Gateway Channels Remittance operator Basically your payment solutions

Read More