Mengetahui Biaya & Laporan Manajer Investasi

Sebuah perusahaan maupun calon investor tentu harus mengetahui apa itu Manajer Investasi. Fund manager atau Manajer Investasi adalah sebuah entitas yang disewa jasanya oleh investor untuk mengelola dana investasi dalam dalam sebuah portofolio reksadana. Selain itu, laporan manajer investasi juga harus diberikan secara rutin.

Selain itu, manajer investasi memiliki tugas untuk menetapkan kebijakan antara menjual atau menahan dana dalam kurun waktu tertentu. Karena seiring waktu, reksadana dapat mengalami penurunan kualitas yang dapat melemah kapan saja, disinilah peran manajer investasi untuk menentukan apakah dana tersebut dipertahankan atau dijual.

Proses analisis ini juga tidak dapat dilakukan dengan tanpa melewati analisis yang kuat. Fund manager memiliki kewajiban untuk mencari tahu apakah penurunan kualitas investasi dapat bangkit kembali dalam waktu tertentu atau terus mengalami keterpurukan, karena menjual reksadana disaat lemah akan memiliki nilai yang lebih sedikit.

Fund manager juga memiliki tugas untuk mempertimbangkan dan memutuskan instrumen investasi yang akan ditanami modal, sekaligus memutuskan instrumen investasi mana yang sekiranya paling menguntungkan untuk ditanamkan modal. Tentunya semua proses harus diperhatikan secara matang dan analisis yang cermat.

Dalam reksadana, peran manajer investasi sangat dibutuhkan untuk mengelola semua keuangan dari hasil pendanaan yang diberikan oleh para investor. Peran ini sangat dibutuhkan untuk menghindari kemungkinan terjadi kerugian atas dana yang telah dikelola. Karena sesuai tujuannya, peran manajer investasi untuk mencegah terjadi kerugian.

Manajer investasi memiliki peran penting dalam mengelola keuangan investor dengan tujuan mempertimbangkan mana yang harus dijual dan dipertahankan. Tugas dan tanggung jawab sebagai manajer investasi memiliki biaya yang harus diperhatikan. Biaya manajer investasi selalu termasuk dalam paket reksadana yang sudah dibeli.

Potongan biaya tersebut sudah disampaikan pada saat pertama kali anda membeli reksadana dan otomatis masuk laporan. Manajer investasi akan mengelola dana para investor dan memberikan laporan setiap hari, minggu, atau bulanan, terdapat beberpa laporan manajer investasi yang harus diberikan kepada perusahaan. Setelah melakukan tugasnya potongan biaya manajer investasi akan langsung muncul dalam laporan.

Berikut ini Beberapa Laporan Manajer Investasi yang Harus Diberikan

  1. Laporan Aset dan Kewajiban
laporan manajer investasi

Laporan manajer investasi yang harus diserahkan adalah laporan aset dan kewajiban. Laporan ini memberikan informasi mengenai posisi aset, total unit penyerahan, kewajiban, serta nilai aktiva bersih untuk setiap unit penyerahan perusahaan.

  1. Laporan Laba-Rugi Operasional
laporan manajer investasi

Laporan manajer investasi kedua adalah laporan yang menjelaskan mengenai catatan pendapatan serta beban investasi yang ditanggung oleh investor reksadana.

  1. Laporan Laba-Rugi Transaksi
laporan manajer investasi

Laporan manajer investasi terakhir adalah laporan yang menerangkan setiap transaksi subscription serta redemption dalam portofolio reksadana investasi.

Baca juga: Manfaat Manajemen Aset yang Wajib Anda tahu!

Baca juga: Kenali Lebih Dalam Seputar Fund Manager

Cek Instagram kami di: @asiantrustcapital

Share the Post:

Related Posts

JOINAN

Joinan Joinan conveys the spirit of togetherness along with fresh ideas and innovation, with the intention to bring opportunities to

Read More

E2PAY

E2Pay eMoney Issuer Payment Gateway Channels Remittance operator Basically your payment solutions

Read More